SKB Studi Kelayakan Bisnis TAKEHOME UTS


STUDI KELAYAKAN BISNIS
TAKEHOME UTS

















DISUSUN OLEH :
Hanifah Yunianti
130211100076






UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
BANGKALAN
2016




SOAL
1.      A.   Jelaskan karakteristik dari Enterpreneur yang berhasil!
B.   Berikan Contoh sendiri dari peristiwa yang menurut anda berhasil !
Misal : Bill Gater  yang menyukai pekerjaan sebagai fasion.

2.      A.   Jelaskan tentang tidak ada seorang pun dilahirkan sebagai seorang Enterpreneur! Namun ada 3 mitos salah yaitu seorang Enterpreneur itu seperti berjudi, Seorang Enterpreneur itu termotivasi yang utama oleh uang dan Enterpreneur haruslah muda dan energik. Jelaskan?
B.      Berikan contoh sendiri pada setiap mitos.

3.      A.   Jelaskan tentang 4 poin yang ada pada Feasibility Analysis!
B.      Berikan contohnya.

4.      A.   Jelaskan komponen dari Studi Kelayakan Bisnis tentang Industri dan Target market!
B.      Berikan contoh menurut anda sendiri! Jelaskan

5.      A.   Jelaskan tentang 4 dimensi dari peluang !
B.   Berikan contoh menurut anada sendiri!

6.      A.   Jelaskan tentang cara untuk mengidentifikasi atau mencari sebuah peluang!
B.      Berikan contohnya!

7.      Buatlah soal dan sertakan dengan jawabannya!







JAWABAN
1.      A. Karakteristik dari Enterpreneur yang berhasil ,

·         Gairah untuk berbisnis
       Kesuksesan pengusaha adalah kemauan dalam berbisnis. Itulah yang dilalui oleh orang-orang sukses. Mereka tidak langsung sukses, mereka berproses, mereka juga jatuh bangun. Dia akan mencari modal itu. Jika tidak mengetahui cara mencarinya, mereka akan belajar cara mendapatkan modal. Mereka gagal, tapi mereka mencoba lagi, sampai berhasil. Kuncinya adalah kemauan untuk terus berusaha sampai menguasai kemampuan yang dibutuhkan. Bukan berharap ada seseorang yang akan menyuapinya. Begitu juga, ada ilmu melihat, mencari, menemukan, dan menangkap peluang. Jika bingung?? Anda perlu belajar ilmu. Anda perlu memahami bagaimana melihat pasar, apa yang mereka butuhkan, dan disanalah peluang bisnis hadir. Setelah menemukan peluang. Tidak ada jaminan akan langsung berhasil. Anda perlu mencoba. Jika gagal mungkin peluang yang kurang baik, atau caranya yang kurang tepat.
       Kemauan menjadi dasar dari pengusaha yang yakin bahwa bisnisnya akan berdampak positif bagi kehidupan orang banyak. Seorang pengusaha harus selalu melihat peluang yang ada, namun bukan hanya ada peluang, pengusaha harus juga melihat apakah produk itu akan bermanfaat ataukah merugikan masyarakat. Seorang pengusaha harus memiliki asas untuk berkarya dalam berlandaskan etika bisnis yang sehat serta berpikir, bertindak kreatif  dan inovatif.
Karakteristik dari Enterpreneur yang sukses, yaitu :
         Produk/ fokus pada pelanggan
        Kesuksesan pengusaha adalah pemerhatian pada produk. Seorang pengusaha harus selalu memperhatiakn sisi kemanfaatan dan kerugian dari produk, karena itu adalah salah satu tanda kesuksesan seorang pengusaha karena setiap produk akan memiliki penilaian berbeda dari setiap pelanggannya.
        Sebagai pengusaha fokus pada produk dan pelanggan yang menjadi dasar bahwa pengusaha adalah hati. Dalam setiap produk haruslah diciptakan dengan setulus hati karena produk juga dapat menggambarkan sifat atau kepribadian seseorang untuk menikmati produk serta menjadi daya tarik bagi pelanggan
         Tidak menyerah meski gagal
        Karena pengusaha selalu mencoba hal yang baru, tingkat kegagalan  secara alami tinggi. Seorang pengusaha tidak akan mengenal kata gagal dan menyerah karena kegagalan bagi seorang pengusaha sama seperti cambuk untuk mencari kesalahan yang membuat ia gagal dan tak pernah pantang menyerah meski berkali-kali gagal.
        kesuksesan pengusaha adalah kemampuan untuk bertahan meskipun mengalami kebangkrutan  dan kegagalan. Sebagai seorang penguasa harus sealalu memiliki sikap yang pantang menyerah. Karena sikap inilah yang menjadi modal untuk sukses.
         Kecerdasan
        ide bisnis yang kuat layak menjadi kunci dari pengusaha sukses. Seorang pengusaha harus selalu memiliki ide yang kreatif serta inovatif, ide yang selalu hadir tanpa harus memiliki batas pemikiran. Seorang pengusaha sukses itu karena ide yang diterapkan memang benar- benar kreatif serta mempunyai nilai positif untuk masyarakat.
        Seorang pengusaha harus selalu memilik gagadan atau ide, bukan hanya ide dari pemikirannnya sendiri. Namun dapat juga ide dari orang lain, seperti mengembangkan ide dari orang lain agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan memiliki manfaat yang baik bagi konsumennya.
B. Contoh pengusaha sukses adalah Chairul Tanjung, lahir di Jakarta, 16 Juni 1962; umur 53 tahun  adalah seorang pengusaha asal Indonesia. Ia menjabat sebagai Menko Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa sejak 19 Mei 2014 hingga 27 Oktober 2014. Namanya dikenal luas sebagai pengusaha sukses yang memimpin CT Corp. Chairul memulainya bisnisnya ketika ia kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Sempat jatuh bangun, akhirnya ia sukses membangun bisnisnya. Kini perusahaan konglomerasi miliknya CT Corp, menjadi sebuah perusahaan yang membawahi beberapa anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega, dan CT Global Resources.

2.       A. Teori bahwa tidak ada seorang pun yang dilahirkan sebagai Enterpreneur. Hal ini memang benar, karena kita dilahirkan dengan pemikiran yang masing kosong. Namun seorang pengusaha bukan dilahirkan, melainkan diciptakan. Seorang Enterpreneur memiliki model, proses, dan studi kasus yang dapat dipelajari oleh siapapun. Namun ada juga berpendapat, bahwa seorang pengusaha dilahirkan karena memiliki keluarga yang memang berjiwa sebagai pengusaha.

 Mitos Yang Menyangkut Enterpreneur, Yaitu :
Mitos Pengusaha itu seperti berjudi. Karena pengusha harus  selalu siap untuk rugi dan akan selalu mencoba hingga ia sukses dan dapat mengembalikan modalnya. Karena seorang pengusah jika gagal ia ingin membalas kegagalannya dan ketika ia menang, ia ingin mendapatkan laba yang lebih besar lebih besar lagi. Seorang pejudi juga memiliki pola pemikiran seperti ini, karena ada rasa ingin membalas dendam.
CONTOH : Bu Emi memiliki beberapa petak rumah, kemudian ia menyewakan rumahnya. Dari tahun ke tahun harganya selalu berubah, karena ia melihat kebutuhan perawatan rumahnya meningkat. Maka ia sama saja berjudi, karena tidak ingin modalnya berkurang dan ingin selalu untung.
Pengusaha Termotivasi Terutama oleh Uang.  Naif untuk berpikir bahwa pengusaha tidak mencari imbalan. Karena uang adalah harta yang paling dikagumi, apapun yang akan kita lakukan, banyak sedikit membutuhkan uang( urusan dunia). Karena seorang pengusaha harus memiliki modal untuk memulai usahanya.
CONTOH : Bapak Andi memiliki ketertarikannya pada usaha pemberdayaan Bunga- bunga hias yang langka. Dengan demikian, ia memiliki keinginan menjual namu tetap melestarikannya. Karena bunga langka harganya tinggi, karena kepemilikan bunga itu terbatas. Bapak Andi juga membatasi penjualan bunganya setiap harinya.
Pengusaha Harus Muda dan Energik. Usia yang paling aktif untuk kepemilikan bisnis adalah 35 sampai 45 tahun. Meskipun penting untuk menjadi energik, investor sering mengutip kekuatan pengusaha sebagai kriteria yang paling penting dalam membuat keputusan investasi. Apa yang membuat seorang pengusaha "kuat" di mata investor adalah pengalaman, kematangan, reputasi yang solid, dan memiliki tingkat  keberhasilan. Karena saat pengusaha masih dalam umur yang efektif, ia akan memiliki pemikiran yang masih kreatif dan inovatif. Serta dapat menghadapi setiap tantangan yang ada.
CONTOH : Andi berumur 60 Tahun, namun ia menjadi pengusaha sudah 20 tahun yang lalu. Memang ia memiliki banyak pengalaman dalam menjadi seorang Enterpreneur, tetapi ia memiliki kelemahan karena ia sudah tidak lagi muda.

3.   A. Feasibility Analysis/ analisis Kelayakan adalah Analisis ini dilakukan untuk menilai seluruh tampilan produk yang akan dikembangkan. Analisis ini juga untuk menentukan daya tarik ide suatu produk bagi calon pelanggan dan mengidentifikasi berbagai sumber daya yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk tersebut. Entrepreneur harus melakukan penelitian, baik primer maupun sekunder. Penelitian primer dilakukan dengan mengumpulkan data langsung dari konsumen dan menganalisisnya. Penelitian sekunder dilakukan dengan mengumpulkan data yang telah disusun pihak lain dan yang telah tersedia.
Beberapa Poin dalam analisis kelayakan usaha, yaitu :
·         Analisis Produk/ Jasa
                         Penelitian juga dapat dilakukan dengan melakukan tes terhadap produk yaitu concept testing dan usability testing. Pada concept testing, tes dilakukan untuk mengetahui minat, hasrat dan maksud pembelian produk. Terdapat tiga maksud utama dalam concept testing, yaitu ;
1.    Memvalidasi asumsi dasar dari ide buruk
2.    Membantu pengembangan ide
3.    Mengestimasi pangsa pasar potensial dari produk
Hasil dari concept testing berupa pernyataan konsep yang mencakup hal-hal berikut ini ;
1.    Deskripsi barang atau jasa yang ditawarkan
2.    Pasar sasaran yang dimaksud
3.    Benefit dari produk atau jasa
4.    Deskripsi mengenai bagaimana produk akan diposisikan relative berbeda dibandingkan produk sejenis di pasar
5.    Deskripsi mengenai bagaimana barang atau jasa akan dijual dan didistribusikan.
             Usability testing adalah bentuk dari analisis kelayakan produk untuk mengukur kemudahan penggunaan produk dan presepsi mengenai pengalaman menggunakan produk. Entrepreneur dengan anggaran terbatas dapat meminta bantuan teman atau kolega untuk menggunakan produk, kemudian memberikan evaluasi secara tertulis maupun secara lisan.
·       Kelayakan Organisasi
       Analisis ini dilakukan untuk menentukan apakah bisnis yang akan dijalankan memiliki cukup keahlian manajemen, kompetensi organisasi dan suber daya untuk meluncurkan bisnis secara sukses. Aspek kecakapan manajemen menuntut entrepreneur untuk mengevaluasi kecakapan dan kemampuan tim manajemen. Penilaian ini bersifat rinci dan entrepreneur harus mengisi penilaiannya sendiri.
     Analisis dari sisi kecukupan sumber daya untuk menetukan apakah usaha baru yang dikembangkan memiliki sumber daya yang cukup, yang menentukan sukses tidakya pengembangan ide buruk. hal ini juga menyangkut kualitas sumber daya yang tersedia.

Aspek kelayakan Organisasi, yaitu :
1.    Apakah memiliki keahlian manajemen
2.    Apakah memiliki kompetensi organisasi
3.    Apakah memiliki sumber daya yang memadai

·       Industri/ Kelayakan Target Pasar
               Analisis ini dilakukan untuk menilai seluruh tampilan pasar untuk produk yang akan dikembangkan. Terdapat 3 aspek yang dikaji yaitu ; kemenarikan industry, ketepatan waktu pasar dan identifikasi ceruk pasar.
Karakteristik Industri yang menarik, yaitu :
1.    Besar dan tumbuh
2.    Penting bagi pelanggan/ konsumen
3.    Industri relatif lebih muda dan kreatif
4.    Memiliki ukuran operasi yang besar
5.    Tidak terlalu ramai
               Untuk memahami pasar, entrepreneur sebaiknya melakukan riset primer dan sekunder. Ketepatan waktu pasar menjadi bahan kajian entrepreneur ketika akan meluncurkan produk ke pasar. Meluncurkan produk terobosan yang sama sekali baru memberikan keuntungan bagi entrepreneur yaitu dapat menetapkan standar industri, pengakuan merek dan kekuatan besar.
Skema Dalam Target Pasar :

·         Analisis Uang Kas
                         Analisis ini adalah uang kas yang dibutuhkan untuk memulai bisnis, kinerja keuangan dari bisnis serupa dan kemenarikan keuangan secara menyeluruh dari bisnis yang akan dikembangkan.

Aspek Kelayakan Keuangan, yaitu :
1.    Uang kas yang dibutuhkan
2.    Kinerja keuangan bisnis yang serupa
3.    Keterkaitan keuangan secara menyeluruh dari bisnis yang akan dikembangkan.
CONTOH : Sebelum membuat produk atau jasa, seorang pengusaha harus memikirkan 4 poin sebelum meluncurkan produknya. Seorang pengusaha harus siap secara pribadi dan lingkungan. Seperti : Andi memiliki usaha Koperasi, ia bukan hanya harus memiliki modal namun ia harus mencari rekan kerja, rekan kerja yang dapat dipercaya dan tekun untuk menggantikannya mengontrol usaha atau mengevaluasi usahanya. Harus adanya seorang bendahara. Namun tetap selalu Andi lihat pengeluaran dan pemasukannya setiap bulan.

4.        A. Penjelasan Tentang Peluang Tentang Industri Dan Target Pasar
        Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Usaha perakitan atau assembling dan juga reparasi adalah bagian dari industri. Hasil industri tidak hanya berupa barang, tetapi juga dalam bentuk jasa.
Penarikan industri memiliki sifat :
        Industri bervariasi dalam hal daya tarik mereka secara keseluruhan.
        Secara umum, yang paling menarik industri memiliki karakteristik yang digambarkan pada slidenya.
        Yang paling penting, sejauh mana lingkungan dan tren bisnis bergerak mendukung dari pada melawan industri
Target pasar : Target pasar adalah sekelompok pembeli yang mempunyai sifat-sifat yang sama yang membuat pasar itu berdiri sendiri. Adanya sekelompok orang dengan ciri-ciri yang sama belumlah berarti mereka membentuk pasar sasaran. Hanya bila mereka mempunyai ciri-ciri yang sama sebagai pembeli, maka barulah berarti mereka membentuk suatu pasar sasaran (Situmorang, 2008).
Dalam suatu perusahaan pasti akan memiliki target atau segmentasi pasar yang dituju untuk mengembangkan usaha yang diproduksi oleh perusahaan. Target pasar memberikan prospek yang bagus dimana penulis dapat memasarkan produk keripik buah dan keripik sayur ke beberapa tempat misalnya saja di kedai/warung, di koperasi-koperasi, bahkan dapat dipasarkan di supermarket-supermarket jika sudah memiliki izin usaha. Perusahaan yakin akan melangkah ke bisnis ini karena telah melihat target pasar sebelumnya melalui berbagai media cetak dan elektonik.
Target pasar memiliki karakter :
        Kesempatan dalam mengidentifikasi sebagai target menarik pasar adalah untuk mencari pasar yang cukup besar untuk  mengusulkan bisnis tapi namun  cukup kecil untuk menghindari pesaing yang lebih besar.
        Namun daya tarik target pasar yang ketat dari seluruh industri
Seringkali, kecerdasan harus digunakan untuk mencari informasi dalam menilai daya tarik target pasar yang spesifik.

CONTOH : sebuah perusahaan Industri harus selalu memiliki pengamatan tentang target pasar yang ingin dicapai. Seperti, UD. ANDAH JAYA adalah perusahaan industri Petis, pemiliknya hanya memasarkan produknya hanya pada daerah Sampang, ia tidak memikirkan dan tidak ada keberanian untuk bersaing dengan perushaan lain. Padahal Petis olahannya terkenal.

5.      A. Dimensi- dimensi dalam mengetahui peluang, yaitu
·         Menarik adalah harus memili ide yang menarik serta produk yang dapat membuat konsumen tertarik unruk membeli produk. Seorang pengusaha memang dituntut untuk memiliki ide yang menarik.
·         Tepat waktu adalah setiap produk yang dihasilkan harus tepat pada waktunya, tidak membuat produk yang membuat merugi. Pengusaha harus melihat tren yang sedang buming pada saat itu. Namun tetap memberikan kualitas yang baik pada produknya.
·         Tahan lama adalah seorang pengusaha harus juga memikirkan unsur kekuatan produk, dengan adanya tanggal produk tidak dapat digunakan lagi. Dapat juga memberikan waktu garansi dengan menyertakan ketentuan tertentu.
·         Berlabuh di produk, layanan, atau bisnis yang menciptakan atau menambah nilai bagi pembeli atau ujungnya pengguna adalah setiap produk harus memiliki standar nilai untuk menjadi tolak ukur barang. Karena pengusaha tentu sudah mengperhitungkan Rugi-Laba yang akan diterima.

CONTOH : Pada Bulan Desember akan diadakan KARNAVAL dengan HUT SAMPANG. Maka Bapak Anwar membuat kaos yang bertuliskan tentang Kota Sampang. Menuliskan Inspirasi bagi kota serta bagi semau masyarakat Kota Sampang. Karena hanya setahun sekali, bapak Anwar harus merubah cara ia berjualan setiap tahunnya, agar peminat tidak merasa bosan.


6.  A. Mengidentifikasi atau mencari sebuah Peluang, yaitu
·         Mengamati Tren adalah  seorang Enterpreneur harus melihat trend atau mode yang saat itu sedang menjadi bahasan yang menarik. Ini akan menjadi peluang yang sangat besar untuk mendapatkan hasil yang maksiamal, namun tetap saja, produk yang dibuat harus selalu kreatif serta inovatif, agar tidak kalah dalam bersaing dengan produk lain yang sejenis. Kualitas produk menjadi alasan yang sangat kuat untuk saat ini.

·         Mengatasi Masalah adalah bagian dari proses berpikir. Sering dianggap merupakan proses paling kompleks di antara semua fungsi kecerdasan, pemecahan masalah telah didefinisikan sebagai proses kognitif tingkat tinggi yang memerlukan modulasi dan kontrol lebih dari keterampilan-keterampilan rutin atau dasar. Proses ini terjadi jika suatu organisme atau sistem kecerdasan buatan tidak mengetahui bagaimana untuk bergerak dari suatu kondisi awal menuju kondisi yang dituju.

·         Menemukan kesenjangan Di Pasar adalah Kesenjangan pasar merupakan sesuatu yang menjadi sebuah momok atau tugas besar bagi pengusaha untuk diselesaikan. Dimana kesenjangan pasar merupakan masalah yang sukar untuk diselesaikan kerena menyangkut aspek-aspek yang harus diketahui secara mendalam dan pendekatan lebih dalam serta adanya saling keterkaitan berbagai aspek. Kesenjangan pasar sebuah keadaan ketidak seimbangan pasar yang ada di pengusaha misalnya pengusaha Baju dengan Baju Muslim. Kesenjangan pasar dipengaruhi oleh daya saing dan kualitas serta ketertarikan konsumen pada produk/ jasa.


CONTOH : Ibu Andar adalah seorang enterpreneur, ia memiliki usaha pembuat Kerudung. Usaha ini sudah berjalan selama 7 tahun, dulu awalnya kerudung yang sangat lebar serta tebal yang mebjadi primadona saat tahun 2009, kini sudah berubah fasion, karena sudah hadir lagi dengan sebutan Jilbab. Saat ini sedang trend busana muslimah dengan tetapmenempelkan gaya modern dan cool. Yang menjadi masalahnya adalah tidak semua jilbab yang digunakan konsumen syar’i. Karena fungsi utama sebuah kerudung untuk menutupi bagian depan seorang wanita. Namun saat ini sudah tak lagi dikenali, karena mereka tetap saja menggunakan busana yang membentuk tubuhnya. Kesenjangan dari pasar adalah penjualan jilbab yang semakin meningkat denganterus hadir bentuk yang mulai menyimpang dari Hadis.

7.      SOAL DAN JAWABAN
a.    Ada filosofi“  Jika ingin menjadi Enterpreneur yang sukses, harus Mempelajari Kegagalan Dulu Baru Belajar Keberhasilan” . Jelaskan!
Answer :  Kegagalan dalam berbisnis bukanlah sebuah kehancuran yang harus diratapi. Mungkin ungkapan yang tepat yaitu: Anda diberi kesempatan untuk bernafas, dan mengumpulkan tenaga sejenak untuk segera kembali mengejar ombak bisnis yang telah jauh meninggalkan. Spirit bisnis terus dibutuhkan untuk segera bangkit ketika Anda mengalami kegagalan. Tanamkan roh bisnis Anda sedalam mungkin. Kegagalan bukanlah akhir segalanya, sebab itu hanyalah sebuah masa transisi yang akan memberikan ruang bagi Anda untuk berinstrospeksi dan menghitung kembali
rancangan bisnis Anda, agar tidak salah dalam membidik bisnis yang baru. Uraian detailnya akan tersaji pada pembahasan lanjutan di bab berikutnya “Belajar dari Kegagalan”.

b.    Sebut dan jelaskan Karakteristik seorang Enterpreneur!
Answer : Karakteristik seorang Enterpreneur
-       Sikap dan prilaku disiplin adalah  disiplin mengandung arti latihan dan ketaatan pada aturan, sikap disiplin harus bersumber dari diri sendiri (self discipline). Pembentukan prilaku disiplin bisa melalui upaya; focus, membangkitkan perhatian, menunjukkan pentingnya pelajaran, memberitahukan tujuan pelajaran, dan memperagakan.
-       Komitmen tinggi adalah focus pikiran diarahkan kepada tugas dan usahanya dengan selalu berupaya memperoleh hasil yang maksimal. Factor yang terkait yaitu : konsisten, tegas dan adil; suri tauladan; dan konsentrasi pada manusia.
-       Jujur adalah selalu mengatakan hal yang jujur meski akan merugikan dan menghancurkan.
-        Kreatif dan inovatif
-        Mandiri adalah mampu mengerjakan sendiri segala kegiatan yang bias dikerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain. Jadi harus yakin dan percaya terhadap kemampuan sendiri.
-        Realistis; berpikir secara kenyataan yang terjadi, dan sesuai dengan akal sehat.
c.    Masalah yang sering dihadapi entrepreneur pemula antara lain salah memilih tempat usaha, kurangnya modal usaha, legalitas/ kesiapan serta kurangnya melihat peluang lain. Jika anda dalam posisi ini, maka apa yang akan anda lakukan untuk menghadapi masalah diatas??
Answer : saya harus lebih kreatif dalam memilih jenis makanan atau minuman yang ingin dijual. Selain itu jika ingin bisnis kuliner, pilihlah lokasi yang ramai seperti di pinggir jalan atau di persimpangan. Dalam masalah kurangnya modal , mungkin bisa menggunakan simpanan atau tabungan Anda atau ajukan pinjaman ke Bank. Jika simpanan Anda hanya cukup untuk kebutuhan hidup selama beberapa bulan ke depan, sebaiknya Anda segera ajukan pinjaman ke Bank untuk modal usaha setelah kontrak dan arahan kerja sama jelas.Urus legalitas atau cari mitra yang bisa di ajak kerja sama dan bisa meminjamkan legalitas. Akan lebih sempurna jika Anda memiliki usaha menggunakan legalitas atas nama perusahaan itu sendiri, sebelum memulai usaha cari informasi tentang usaha yang akan Anda jalani. Jika Anda menjual sebuah produk, pelajari tempat membeli materi produk, pelajari kebutuhan pasar, pelajari cara menentukan harga, pelajari cara mencari keuntungan dalam sebuah usaha. Semua itu tentu membutuhkan survey.Anda bisa melakukan persiapan yang matang agar akhirnya Anda bisa merasakan kebebasan finansial dalam hidup Anda. Sambil membuat persiapan, Anda juga bisa mencoba game DBS Smart Money. Sebuah game yang dibuat untuk mengajarkan kita bagaimana cara mengelola keuangan dan lebih mengenal instrumen keuangan seperti menabung, investasi, saham, reksadana dll. Dapatkan manfaat dari game DBS Smart Money.




Comments

Popular posts from this blog

RISET SDM

Industri Tahu (UD. SUMBER MAKMUR) Jl. Kusuma Bangsa No. III Banyu Ajuh, Kamal Bangkalan Madura