SKB Studi Kelayakan Bisnis TAKEHOME UTS
STUDI KELAYAKAN BISNIS
TAKEHOME UTS
DISUSUN OLEH :
Hanifah Yunianti
130211100076
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
BANGKALAN
2016
SOAL
1. A. Jelaskan karakteristik dari Enterpreneur
yang berhasil!
B. Berikan Contoh sendiri dari peristiwa yang
menurut anda berhasil !
Misal : Bill Gater yang menyukai pekerjaan sebagai fasion.
2. A. Jelaskan tentang tidak ada seorang pun
dilahirkan sebagai seorang Enterpreneur! Namun ada 3 mitos salah yaitu seorang
Enterpreneur itu seperti berjudi, Seorang Enterpreneur itu termotivasi yang
utama oleh uang dan Enterpreneur haruslah muda dan energik. Jelaskan?
B. Berikan contoh
sendiri pada setiap mitos.
3. A. Jelaskan tentang 4 poin yang ada pada
Feasibility Analysis!
B. Berikan
contohnya.
4. A. Jelaskan komponen dari Studi Kelayakan
Bisnis tentang Industri dan Target market!
B. Berikan contoh
menurut anda sendiri! Jelaskan
5. A. Jelaskan tentang 4 dimensi dari peluang !
B. Berikan contoh menurut anada
sendiri!
6. A. Jelaskan tentang cara untuk mengidentifikasi
atau mencari sebuah peluang!
B. Berikan
contohnya!
7. Buatlah soal dan
sertakan dengan jawabannya!
JAWABAN
1.
A. Karakteristik dari Enterpreneur yang berhasil ,
·
Gairah untuk berbisnis
Kesuksesan
pengusaha adalah kemauan dalam berbisnis. Itulah yang dilalui oleh orang-orang sukses. Mereka tidak
langsung sukses, mereka berproses, mereka juga jatuh bangun. Dia akan mencari
modal itu. Jika tidak mengetahui cara mencarinya, mereka akan belajar cara
mendapatkan modal. Mereka gagal, tapi mereka mencoba lagi, sampai berhasil.
Kuncinya adalah kemauan untuk terus berusaha sampai menguasai kemampuan yang
dibutuhkan. Bukan berharap ada seseorang yang akan menyuapinya. Begitu juga,
ada ilmu melihat, mencari, menemukan, dan menangkap peluang. Jika bingung??
Anda perlu belajar ilmu. Anda perlu memahami bagaimana melihat pasar, apa yang
mereka butuhkan, dan disanalah peluang bisnis hadir. Setelah menemukan peluang.
Tidak ada jaminan akan langsung berhasil. Anda perlu mencoba. Jika gagal
mungkin peluang yang kurang baik, atau caranya yang kurang tepat.
Kemauan
menjadi dasar dari pengusaha yang yakin bahwa bisnisnya akan berdampak positif
bagi kehidupan orang banyak. Seorang pengusaha harus selalu melihat peluang yang ada,
namun bukan hanya ada peluang, pengusaha harus juga melihat apakah produk itu
akan bermanfaat ataukah merugikan masyarakat. Seorang pengusaha harus memiliki
asas untuk berkarya dalam berlandaskan etika bisnis yang sehat serta berpikir,
bertindak kreatif dan inovatif.
Karakteristik dari Enterpreneur yang
sukses, yaitu :
•
Produk/ fokus pada pelanggan
–
Kesuksesan
pengusaha adalah pemerhatian pada produk. Seorang pengusaha harus selalu memperhatiakn sisi
kemanfaatan dan kerugian dari produk, karena itu adalah salah satu tanda
kesuksesan seorang pengusaha karena setiap produk akan memiliki penilaian
berbeda dari setiap pelanggannya.
–
Sebagai
pengusaha fokus pada produk dan pelanggan yang menjadi dasar bahwa pengusaha
adalah hati. Dalam setiap
produk haruslah diciptakan dengan setulus hati karena produk juga dapat
menggambarkan sifat atau kepribadian seseorang untuk menikmati produk serta
menjadi daya tarik bagi pelanggan
•
Tidak
menyerah meski gagal
–
Karena
pengusaha selalu mencoba hal yang baru, tingkat kegagalan secara alami tinggi. Seorang pengusaha tidak akan
mengenal kata gagal dan menyerah karena kegagalan bagi seorang pengusaha sama
seperti cambuk untuk mencari kesalahan yang membuat ia gagal dan tak pernah
pantang menyerah meski berkali-kali gagal.
–
kesuksesan
pengusaha adalah kemampuan untuk bertahan meskipun mengalami kebangkrutan dan kegagalan. Sebagai seorang penguasa harus sealalu memiliki
sikap yang pantang menyerah. Karena sikap inilah yang menjadi modal untuk
sukses.
•
Kecerdasan
–
ide bisnis
yang kuat layak menjadi
kunci dari pengusaha sukses. Seorang pengusaha harus selalu memiliki ide yang kreatif serta inovatif,
ide yang selalu hadir tanpa harus memiliki batas pemikiran. Seorang pengusaha
sukses itu karena ide yang diterapkan memang benar- benar kreatif serta
mempunyai nilai positif untuk masyarakat.
–
Seorang pengusaha harus selalu memilik gagadan atau
ide, bukan hanya ide dari pemikirannnya sendiri. Namun dapat juga ide dari
orang lain, seperti mengembangkan ide dari orang lain agar dapat menghasilkan
produk yang berkualitas tinggi dan memiliki manfaat yang baik bagi konsumennya.
B.
Contoh pengusaha sukses adalah Chairul
Tanjung, lahir di Jakarta, 16 Juni 1962; umur 53 tahun adalah seorang pengusaha asal Indonesia. Ia
menjabat sebagai Menko
Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa sejak
19 Mei 2014 hingga 27 Oktober 2014. Namanya dikenal luas sebagai pengusaha sukses yang
memimpin CT Corp.
Chairul memulainya bisnisnya ketika ia kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.
Sempat jatuh bangun, akhirnya ia sukses membangun bisnisnya. Kini
perusahaan konglomerasi miliknya CT Corp, menjadi sebuah perusahaan yang
membawahi beberapa anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega, dan
CT Global Resources.
2.
A. Teori bahwa tidak ada seorang pun yang dilahirkan sebagai
Enterpreneur. Hal ini memang benar, karena kita dilahirkan dengan pemikiran
yang masing kosong. Namun seorang pengusaha bukan dilahirkan, melainkan
diciptakan. Seorang Enterpreneur memiliki model, proses, dan studi kasus
yang dapat dipelajari oleh siapapun. Namun ada juga berpendapat, bahwa seorang
pengusaha dilahirkan karena memiliki keluarga yang memang berjiwa sebagai
pengusaha.
Mitos Yang Menyangkut Enterpreneur, Yaitu :
Mitos Pengusaha
itu seperti berjudi. Karena pengusha harus selalu siap untuk rugi dan akan selalu mencoba
hingga ia sukses dan dapat mengembalikan modalnya. Karena seorang pengusah jika
gagal ia ingin membalas kegagalannya dan ketika ia menang, ia ingin mendapatkan
laba yang lebih besar lebih besar lagi. Seorang pejudi juga memiliki pola
pemikiran seperti ini, karena ada rasa ingin membalas dendam.
CONTOH : Bu Emi memiliki beberapa petak
rumah, kemudian ia menyewakan rumahnya. Dari tahun ke tahun harganya selalu
berubah, karena ia melihat kebutuhan perawatan rumahnya meningkat. Maka ia sama
saja berjudi, karena tidak ingin modalnya berkurang dan ingin selalu untung.
Pengusaha
Termotivasi Terutama oleh Uang. Naif
untuk berpikir bahwa pengusaha tidak mencari imbalan. Karena uang adalah harta
yang paling dikagumi, apapun yang akan kita lakukan, banyak sedikit membutuhkan
uang( urusan dunia). Karena seorang pengusaha harus memiliki modal untuk
memulai usahanya.
CONTOH
: Bapak Andi
memiliki ketertarikannya pada usaha pemberdayaan Bunga- bunga hias yang langka.
Dengan demikian, ia memiliki keinginan menjual namu tetap melestarikannya.
Karena bunga langka harganya tinggi, karena kepemilikan bunga itu terbatas.
Bapak Andi juga membatasi penjualan bunganya setiap harinya.
Pengusaha
Harus Muda dan Energik. Usia yang paling aktif untuk kepemilikan bisnis adalah
35 sampai 45 tahun. Meskipun penting untuk menjadi energik, investor sering
mengutip kekuatan pengusaha sebagai kriteria yang paling penting dalam membuat
keputusan investasi. Apa yang membuat seorang pengusaha "kuat" di
mata investor adalah pengalaman, kematangan, reputasi yang solid, dan memiliki tingkat
keberhasilan. Karena saat pengusaha
masih dalam umur yang efektif, ia akan memiliki pemikiran yang masih kreatif
dan inovatif. Serta dapat menghadapi setiap tantangan yang ada.
CONTOH : Andi berumur 60 Tahun, namun ia
menjadi pengusaha sudah 20 tahun yang lalu. Memang ia memiliki banyak
pengalaman dalam menjadi seorang Enterpreneur, tetapi ia memiliki kelemahan
karena ia sudah tidak lagi muda.
3.
A. Feasibility
Analysis/ analisis Kelayakan
adalah Analisis ini dilakukan untuk menilai seluruh tampilan produk yang akan
dikembangkan. Analisis ini juga untuk menentukan daya tarik ide suatu produk
bagi calon pelanggan dan mengidentifikasi berbagai sumber daya yang dibutuhkan
untuk menghasilkan produk tersebut. Entrepreneur harus melakukan penelitian,
baik primer maupun sekunder. Penelitian primer dilakukan dengan mengumpulkan
data langsung dari konsumen dan menganalisisnya. Penelitian sekunder dilakukan
dengan mengumpulkan data yang telah disusun pihak lain dan yang telah tersedia.
Beberapa Poin dalam analisis kelayakan usaha, yaitu :
·
Analisis Produk/ Jasa
Penelitian juga dapat dilakukan
dengan melakukan tes terhadap produk yaitu concept testing dan usability
testing. Pada concept testing, tes dilakukan untuk mengetahui minat,
hasrat dan maksud pembelian produk. Terdapat tiga maksud utama dalam concept
testing, yaitu ;
1. Memvalidasi
asumsi dasar dari ide buruk
2. Membantu
pengembangan ide
3. Mengestimasi
pangsa pasar potensial dari produk
Hasil dari concept
testing berupa pernyataan konsep yang mencakup hal-hal berikut ini ;
1. Deskripsi
barang atau jasa yang ditawarkan
2. Pasar sasaran
yang dimaksud
3. Benefit dari produk atau jasa
4. Deskripsi
mengenai bagaimana produk akan diposisikan relative berbeda dibandingkan produk
sejenis di pasar
5. Deskripsi
mengenai bagaimana barang atau jasa akan dijual dan didistribusikan.
Usability
testing adalah bentuk dari analisis kelayakan produk untuk mengukur kemudahan
penggunaan produk dan presepsi mengenai pengalaman menggunakan produk.
Entrepreneur dengan anggaran terbatas dapat meminta bantuan teman atau kolega
untuk menggunakan produk, kemudian memberikan evaluasi secara tertulis maupun
secara lisan.
· Kelayakan
Organisasi
Analisis ini dilakukan untuk menentukan
apakah bisnis yang akan dijalankan memiliki cukup keahlian manajemen,
kompetensi organisasi dan suber daya untuk meluncurkan bisnis secara sukses.
Aspek kecakapan manajemen menuntut entrepreneur untuk mengevaluasi kecakapan
dan kemampuan tim manajemen. Penilaian ini bersifat rinci dan entrepreneur
harus mengisi penilaiannya sendiri.
Analisis dari sisi kecukupan sumber daya
untuk menetukan apakah usaha baru yang dikembangkan memiliki sumber daya yang
cukup, yang menentukan sukses tidakya pengembangan ide buruk. hal ini juga
menyangkut kualitas sumber daya yang tersedia.
Aspek
kelayakan Organisasi, yaitu :
1.
Apakah memiliki keahlian
manajemen
2.
Apakah memiliki kompetensi
organisasi
3.
Apakah memiliki sumber daya
yang memadai
· Industri/
Kelayakan Target Pasar
Analisis ini dilakukan untuk
menilai seluruh tampilan pasar untuk produk yang akan dikembangkan. Terdapat 3
aspek yang dikaji yaitu ; kemenarikan industry, ketepatan waktu pasar dan
identifikasi ceruk pasar.
Karakteristik
Industri yang menarik, yaitu :
1. Besar
dan tumbuh
2. Penting
bagi pelanggan/ konsumen
3. Industri
relatif lebih muda dan kreatif
4. Memiliki
ukuran operasi yang besar
5. Tidak
terlalu ramai
Untuk
memahami pasar, entrepreneur sebaiknya melakukan riset primer dan sekunder.
Ketepatan waktu pasar menjadi bahan kajian entrepreneur ketika akan meluncurkan
produk ke pasar. Meluncurkan produk terobosan yang sama sekali baru memberikan
keuntungan bagi entrepreneur yaitu dapat menetapkan standar industri, pengakuan
merek dan kekuatan besar.
Skema Dalam Target Pasar :

·
Analisis Uang Kas
Analisis ini adalah uang kas yang
dibutuhkan untuk memulai bisnis, kinerja keuangan dari bisnis serupa dan
kemenarikan keuangan secara menyeluruh dari bisnis yang akan dikembangkan.
Aspek
Kelayakan Keuangan, yaitu :
1.
Uang kas yang dibutuhkan
2.
Kinerja keuangan bisnis
yang serupa
3.
Keterkaitan keuangan secara
menyeluruh dari bisnis yang akan dikembangkan.
CONTOH : Sebelum membuat produk atau jasa, seorang pengusaha harus
memikirkan 4 poin sebelum meluncurkan produknya. Seorang pengusaha harus siap
secara pribadi dan lingkungan. Seperti : Andi memiliki usaha Koperasi,
ia bukan hanya harus memiliki modal namun ia harus mencari rekan kerja, rekan
kerja yang dapat dipercaya dan tekun untuk menggantikannya mengontrol usaha
atau mengevaluasi usahanya. Harus adanya seorang bendahara. Namun tetap selalu
Andi lihat pengeluaran dan pemasukannya setiap bulan.
4.
A. Penjelasan Tentang Peluang Tentang Industri Dan
Target Pasar
Industri adalah suatu usaha atau
kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi
barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Usaha
perakitan atau assembling dan juga reparasi adalah bagian dari industri. Hasil
industri tidak hanya berupa barang, tetapi juga dalam bentuk jasa.
Penarikan
industri memiliki sifat
:
–
Industri
bervariasi dalam hal daya tarik mereka secara keseluruhan.
–
Secara umum,
yang paling menarik industri memiliki karakteristik yang digambarkan pada
slidenya.
–
Yang paling
penting, sejauh mana lingkungan dan tren bisnis bergerak mendukung dari pada
melawan industri
Target
pasar : Target pasar adalah sekelompok pembeli yang mempunyai sifat-sifat yang
sama yang membuat pasar itu berdiri sendiri. Adanya sekelompok orang dengan
ciri-ciri yang sama belumlah berarti mereka membentuk pasar sasaran. Hanya bila
mereka mempunyai ciri-ciri yang sama sebagai pembeli, maka barulah berarti
mereka membentuk suatu pasar sasaran (Situmorang, 2008).
Dalam
suatu perusahaan pasti akan memiliki target atau segmentasi pasar yang dituju
untuk mengembangkan usaha yang diproduksi oleh perusahaan. Target pasar
memberikan prospek yang bagus dimana penulis dapat memasarkan produk keripik
buah dan keripik sayur ke beberapa tempat misalnya saja di kedai/warung, di
koperasi-koperasi, bahkan dapat dipasarkan di supermarket-supermarket jika
sudah memiliki izin usaha. Perusahaan yakin akan melangkah ke bisnis ini karena
telah melihat target pasar sebelumnya melalui berbagai media cetak dan
elektonik.
Target pasar memiliki karakter :
–
Kesempatan dalam mengidentifikasi sebagai target
menarik pasar adalah untuk mencari pasar yang cukup besar untuk mengusulkan bisnis tapi namun cukup kecil untuk menghindari pesaing yang
lebih besar.
–
Namun daya
tarik target pasar yang ketat dari seluruh industri
Seringkali,
kecerdasan harus digunakan untuk mencari informasi dalam menilai daya tarik
target pasar yang spesifik.
CONTOH : sebuah perusahaan Industri
harus selalu memiliki pengamatan tentang target pasar yang ingin dicapai.
Seperti, UD. ANDAH JAYA adalah perusahaan industri Petis, pemiliknya hanya
memasarkan produknya hanya pada daerah Sampang, ia tidak memikirkan dan tidak
ada keberanian untuk bersaing dengan perushaan lain. Padahal Petis olahannya
terkenal.
5. A. Dimensi-
dimensi dalam mengetahui peluang, yaitu
·
Menarik adalah harus memili ide yang menarik
serta produk yang dapat membuat konsumen tertarik unruk membeli produk. Seorang
pengusaha memang dituntut untuk memiliki ide yang menarik.
·
Tepat waktu adalah setiap produk yang dihasilkan
harus tepat pada waktunya, tidak membuat produk yang membuat merugi. Pengusaha
harus melihat tren yang sedang buming pada saat itu. Namun tetap memberikan
kualitas yang baik pada produknya.
·
Tahan lama adalah seorang pengusaha harus juga
memikirkan unsur kekuatan produk, dengan adanya tanggal produk tidak dapat
digunakan lagi. Dapat juga memberikan waktu garansi dengan menyertakan
ketentuan tertentu.
·
Berlabuh di produk, layanan, atau bisnis yang menciptakan
atau menambah nilai bagi pembeli atau ujungnya pengguna adalah setiap produk
harus memiliki standar nilai untuk menjadi tolak ukur barang. Karena pengusaha
tentu sudah mengperhitungkan Rugi-Laba yang akan diterima.
CONTOH : Pada Bulan Desember akan diadakan
KARNAVAL dengan HUT SAMPANG. Maka Bapak Anwar membuat kaos yang bertuliskan
tentang Kota Sampang. Menuliskan Inspirasi bagi kota serta bagi semau
masyarakat Kota Sampang. Karena hanya setahun sekali, bapak Anwar harus merubah
cara ia berjualan setiap tahunnya, agar peminat tidak merasa bosan.
6.
A. Mengidentifikasi atau mencari sebuah Peluang, yaitu
·
Mengamati Tren adalah seorang Enterpreneur harus melihat trend atau
mode yang saat itu sedang menjadi bahasan yang menarik. Ini akan menjadi peluang yang sangat
besar untuk mendapatkan hasil yang maksiamal, namun tetap saja, produk yang
dibuat harus selalu kreatif serta inovatif, agar tidak kalah dalam bersaing
dengan produk lain yang sejenis. Kualitas produk menjadi alasan yang sangat
kuat untuk saat ini.
·
Mengatasi
Masalah adalah bagian dari
proses berpikir. Sering dianggap merupakan proses paling kompleks di
antara semua fungsi kecerdasan, pemecahan masalah telah didefinisikan sebagai proses
kognitif tingkat tinggi yang memerlukan modulasi dan kontrol
lebih dari keterampilan-keterampilan rutin atau dasar. Proses ini terjadi jika
suatu organisme atau sistem kecerdasan buatan tidak
mengetahui bagaimana untuk bergerak dari suatu kondisi awal menuju kondisi yang
dituju.
·
Menemukan
kesenjangan Di Pasar adalah Kesenjangan
pasar merupakan sesuatu yang menjadi sebuah momok atau tugas besar bagi pengusaha
untuk diselesaikan. Dimana kesenjangan pasar merupakan masalah yang sukar untuk
diselesaikan kerena menyangkut aspek-aspek yang harus diketahui secara mendalam
dan pendekatan lebih dalam serta adanya saling keterkaitan berbagai aspek.
Kesenjangan pasar sebuah keadaan ketidak seimbangan pasar yang ada di pengusaha
misalnya pengusaha Baju dengan Baju Muslim. Kesenjangan pasar dipengaruhi oleh daya
saing dan kualitas serta ketertarikan konsumen pada produk/ jasa.
CONTOH : Ibu Andar adalah seorang enterpreneur, ia memiliki usaha
pembuat Kerudung. Usaha ini sudah berjalan selama 7 tahun, dulu awalnya
kerudung yang sangat lebar serta tebal yang mebjadi primadona saat tahun 2009,
kini sudah berubah fasion, karena sudah hadir lagi dengan sebutan Jilbab. Saat
ini sedang trend busana muslimah dengan tetapmenempelkan gaya modern dan cool.
Yang menjadi masalahnya adalah tidak semua jilbab yang digunakan konsumen
syar’i. Karena fungsi utama sebuah kerudung untuk menutupi bagian depan seorang
wanita. Namun saat ini sudah tak lagi dikenali, karena mereka tetap saja
menggunakan busana yang membentuk tubuhnya. Kesenjangan dari pasar adalah
penjualan jilbab yang semakin meningkat denganterus hadir bentuk yang mulai
menyimpang dari Hadis.
7. SOAL DAN JAWABAN
a. Ada
filosofi“ Jika ingin menjadi Enterpreneur yang sukses, harus Mempelajari Kegagalan Dulu Baru Belajar Keberhasilan” . Jelaskan!
Answer
: Kegagalan dalam
berbisnis bukanlah sebuah kehancuran yang harus diratapi. Mungkin ungkapan yang
tepat yaitu: Anda diberi kesempatan untuk bernafas, dan mengumpulkan tenaga
sejenak untuk segera kembali mengejar ombak bisnis yang telah jauh
meninggalkan. Spirit bisnis terus dibutuhkan untuk segera bangkit ketika Anda
mengalami kegagalan. Tanamkan roh bisnis Anda sedalam mungkin. Kegagalan
bukanlah akhir segalanya, sebab itu hanyalah sebuah masa transisi yang akan
memberikan ruang bagi Anda untuk berinstrospeksi dan menghitung kembali
rancangan bisnis Anda, agar tidak salah dalam membidik bisnis yang baru. Uraian detailnya akan tersaji pada pembahasan lanjutan di bab berikutnya “Belajar dari Kegagalan”.
rancangan bisnis Anda, agar tidak salah dalam membidik bisnis yang baru. Uraian detailnya akan tersaji pada pembahasan lanjutan di bab berikutnya “Belajar dari Kegagalan”.
b.
Sebut dan jelaskan
Karakteristik seorang Enterpreneur!
Answer : Karakteristik seorang
Enterpreneur
-
Sikap dan prilaku disiplin
adalah disiplin mengandung arti latihan
dan ketaatan pada aturan, sikap disiplin harus bersumber dari diri sendiri
(self discipline). Pembentukan prilaku disiplin bisa melalui upaya; focus,
membangkitkan perhatian, menunjukkan pentingnya pelajaran, memberitahukan
tujuan pelajaran, dan memperagakan.
-
Komitmen tinggi adalah focus pikiran
diarahkan kepada tugas dan usahanya dengan selalu berupaya memperoleh hasil
yang maksimal. Factor yang terkait yaitu : konsisten, tegas dan adil; suri
tauladan; dan konsentrasi pada manusia.
-
Jujur adalah selalu mengatakan hal
yang jujur meski akan merugikan dan menghancurkan.
-
Kreatif dan inovatif
-
Mandiri adalah mampu
mengerjakan sendiri segala kegiatan yang bias dikerjakan sendiri tanpa bantuan
orang lain. Jadi harus yakin dan percaya terhadap kemampuan sendiri.
-
Realistis; berpikir secara kenyataan
yang terjadi, dan sesuai dengan akal sehat.
c.
Masalah yang
sering dihadapi entrepreneur pemula antara lain salah memilih tempat usaha,
kurangnya modal usaha, legalitas/ kesiapan serta kurangnya melihat peluang lain.
Jika anda dalam posisi ini, maka apa yang akan anda lakukan untuk menghadapi
masalah diatas??
Answer : saya harus lebih kreatif dalam memilih jenis makanan atau
minuman yang ingin dijual. Selain itu jika ingin bisnis kuliner, pilihlah
lokasi yang ramai seperti di pinggir jalan atau di persimpangan. Dalam masalah
kurangnya modal , mungkin bisa menggunakan simpanan atau tabungan Anda atau
ajukan pinjaman ke Bank. Jika simpanan Anda hanya cukup untuk kebutuhan hidup
selama beberapa bulan ke depan, sebaiknya Anda segera ajukan pinjaman ke Bank
untuk modal usaha setelah kontrak dan arahan kerja sama jelas.Urus legalitas
atau cari mitra yang bisa di ajak kerja sama dan bisa meminjamkan legalitas.
Akan lebih sempurna jika Anda memiliki usaha menggunakan legalitas atas nama
perusahaan itu sendiri, sebelum memulai usaha cari informasi tentang usaha yang
akan Anda jalani. Jika Anda menjual sebuah produk, pelajari tempat membeli
materi produk, pelajari kebutuhan pasar, pelajari cara menentukan harga,
pelajari cara mencari keuntungan dalam sebuah usaha. Semua itu tentu
membutuhkan survey.Anda bisa melakukan persiapan yang matang agar akhirnya Anda
bisa merasakan kebebasan finansial dalam hidup Anda. Sambil membuat persiapan,
Anda juga bisa mencoba game DBS Smart Money. Sebuah
game yang dibuat untuk mengajarkan kita bagaimana cara mengelola keuangan dan
lebih mengenal instrumen keuangan seperti menabung, investasi, saham, reksadana
dll. Dapatkan manfaat dari game DBS Smart Money.
Comments
Post a Comment